Pertanyaan Seputar Pajak BUMDes yang anda harus tahu, ada 5 diantaranya. Check it out
  1. Apakah penyertaan modal dari desa ke BUMDES dikenai pajak?

Jawab:

Tidak. Karena penyertaan modal itu pada hakikatnya bukan belanja, melainkan investasi. Lebih penting lagi, penerimaan badan usaha atas setoran modal dari pemilik juga bukan merupakan pendapatan yang merupakan objek pajak.

  1. Apakah BUMDES harus memiliki NPWP?

Jawab:

Sebaiknya BUMDES memiliki NPWP, karena BUMDES merupakan badan usaha seperti BUMN dan badan usaha lainnya (CV dan PT) sehingga mengikuti aturan Wajib Pajak badan usaha.

  1. Bagaimana cara BUMDES dapat memiliki NPWP?

Jawab:

Untuk membuat NPWP, BUMDES dapat menyertakan Peraturan Desa Pembentukan BUMDesa, dan SK Pengangkatan Pengurus dari Kepala Desa.  Sampai saat ini, masih belum ada aturannya tetapi bisa segera dipersiapkan karena BUMDesa adalah Badan Usaha.

  1. Jika BUMDES belum memiliki NPWP, apakah pembayaran pajak atas pembelian aset bisa melalui desa?

Jawab:

Kantong BUMDES terpisah dari Kantong Pemerintah Desa. Begitupula masalah pajaknya. Kalau BUMDES belum punya NPWP, maka yang wajib memungut pajak adalah penjualnya.

  1. Jika BUMDES belum memiliki NPWP, apakah pembelian aset bisa melalui desa?

Jawab:

Kantong BUMDES terpisah dari Kantong Pemerintah Desa. Apabila desa yang membelikan aset nya, maka ketika aset diserahkan ke BUMDES harus diakui sebagai penyertaan modal. Penyertaan modal tidak hanya berupa uang, bisa dalam bentuk barang yaitu tanah kas desa dan aset lainnya.

Itulah beberapa pertanyaan yang anda boleh tahu yang biasa ditanyakan soal pajak pendirian BUMDes. Semoga membantu menjawab pertanyaan anda.